Kementan Dorong Milenial Memaksimalkan Pertanian dan Peternakan

Kementan Dorong Milenial Memaksimalkan Pertanian dan Peternakan
Kementan kembali mendorong generasi milenial untuk memaksimalkan potensi yang ada salah satunya di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara). Foto: BPPSDMP

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian kembali mendorong generasi milenial untuk memaksimalkan potensi yang ada kali ini khususnya di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara).

Sebab, Kaltara memiliki keunggulan sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan, yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik.

Hal tersebut diketahui saat Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau kegiatan panen Cempe Kambing Boer usia 4 bulan di Bulungan Mandiri Farm, Kalimantan Utara.

Menurut Mentan, Kalimantan Utara sebagai tempat kambing cempe tersebut diproduksi memiliki potensi dan peluang yang cukup besar, terutama dalam memenuhi pasar ekspor ke negara-negara di Asia.

"Karena itu saya berharap Forkopimda dan juga para Bupatinya sama-sama memaksimalkan lahan-lahan pertanian yang ada untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Begitu juga para generasi milenial," ujar Mentan SYL, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (12/9).

Mentan Syahrul menjelaskan, Kaltara dikenal memiliki lahan subur dan potensi ekspor yang cukup besar.

"Di Kaltara, peternakan dan perkebunan bisa diintegrasikan secara bersamaan dengan komoditas tanaman pangan dan produk olahan. Karena itu tolong disusun Pak Gubernur, Pak Bupati, Kepala Dinas dan seluruh Dirjen agar konsep integrasi ini bisa dikembangkan secara baik," katanya.

Di samping itu, Mentan berharap petani dan para pelaku usaha lainya mampu menyerap anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang kini memiliki nilai 70 triliun.

Kementan kembali mendorong generasi milenial untuk memaksimalkan potensi yang ada salah satunya di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News