Wapres Panggil Mendagri Bahas Hal ini Secara Khusus

Wapres Panggil Mendagri Bahas Hal ini Secara Khusus
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan sambutan di acara Studium Generale Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya melalui konferensi video dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Sabtu (28/8/2021). (ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres.)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara khusus.

Tito Karnavian dipanggil untuk membahas draf Peraturan Pemerintah (PP) turunan UU Nomor 2/2021 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21/2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Dia mengatakan Mendagri melaporkan perkembangan penyusunan dua draf PP terkait Kelembagaan dan Tata Kelola Keuangan Otsus Papua.

"Dikatakan Mendagri tadi dari UU Otsus yang baru itu harus ada dua PP setidaknya, yang satu mengenai kelembagaan dan kewenangan sedangkan ada PP mengenai tata kelola keuangan," ujar Masduki dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/8).

Pembentukan PP tersebut menurut Tito harus disahkan paling lambat tiga bulan sejak UU Nomor 2/2001 disahkan, yakni 19 Oktober 2021.

"UU Otsus yang terbaru itu sudah disahkan dan itu ternyata harus ada peraturan pemerintahnya. Nah, PP itu ada deadline tiga bulan sejak diundangkan," katanya.

Draf PP yang melibatkan 33 kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian (K/L) tersebut telah diserahkan Tito kepada Wapres, dimana di dalamnya dibahas terkait pemekaran Provinsi Papua.

Wapres panggil Mendagri Tito Karnavian untuk membahas hal yang satu ini secara khusus.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News