Warga Australia Yang Hengjun Menjalani Sidang di Tiongkok Setelah ditahan Selama Dua Tahun Lebih

Warga Australia Yang Hengjun Menjalani Sidang di Tiongkok Setelah ditahan Selama Dua Tahun Lebih
"Tidak seorang pun tahu apa yang terjadi di persidangan," kata Yuan Ruijuan mengenai persidangan suaminya Yang Hengjun. (AP: Chongyi Feng)

Setelah ditahan lebih dari dua tahun di Beijing, penulis asal Australia, Yang Hengjun akan menjalani persidangan atas kasus pengintaian tanpa pendampingan staf konsuler Australia.

Yang Hengjun adalah warga negara Australia keturunan Tiongkok yang pernah bekerja di Kementerian Keamanan negara sebelum pindah ke Australia.

Dr Yang yang kini berusia 56 tahun akan menghadap pengadilan dua tahun setelah ditangkap di bandara Tiongkok.

Pihak berwenang Tiongkok belum pernah memberikan rincian mengenai tuduhan apa yang pernah dilakukan oleh Dr Yang secara terbuka.

Duta besar Australia untuk Tiongkok, Graham Fletcher, mengatakan dirinya dilarang masuk ke ruang pengadilan karena kasus tersebut menyangkut masalah keamanan nasional, di samping dari pembatasan protokol COVID-19.

"Ini sangat disesalkan, mengkhawatirkan, dan tidak memuaskan," katanya ketika ditemui di luar gedung pengadilan.

"Kami sudah lama memiliki kekhawatiran soal kasus ini akibat kurangnya transparansi, dan karenanya berkesimpulkan ini adalah penahanan semena-mena."

Graham menambahkan bahwa apapun yang terjadi hari ini, pihaknya "tetap akan mendukung sepenuhnya dan memberikan bantuan konsuler kepada pihak keluarga".

Setelah ditahan lebih dari dua tahun di Beijing, penulis asal Australia, Yang Hengjun akan menjalani persidangan atas kasus pengintaian tanpa pendampingan staf konsuler Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News