Warga Berpenghasilan Rendah Harus Jadi Prioritas Utama

Warga Berpenghasilan Rendah Harus Jadi Prioritas Utama
Warga Berpenghasilan Rendah Harus Jadi Prioritas Utama. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda berharap Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tidak salah dalam menunjuk Menteri Perumahan Rakyat. Sebab, sektor perumahan merupakan salah satu unsur penting yang bersinggungan langsung dengan sosial kemasyarakatan dan kesejahteraan.

Ia berharap Menpera yang baru nanti bisa mengerti seluk beluk mengenai perumahan rakyat dan dapat membuat program perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah haruslah dipegang oleh menteri yang paham betul akan persoalan. Sehingga masyarakat kecil juga dapat menikmati fasilitas tersebut," harap Ali dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (4/10).

Siapapun yang nantinya menjadi Menpera, baik dari kalangan profesional maupun politisi buat Ali tidak menjadi masalah. Namun, ia menekankan yang terpenting adalah sosok tersebut tidak menjadikan jabatan menteri untuk memperkaya diri sendiri maupun parpolnya.

"Kira-kira cocoknya menpera dari profesional apa politik, ya itu terserah Pak Jokowi, yang penting orangnya tidak menyalahgunakan jabatan. Namun sepertinya, kalangan profesional mungkin lebih tepat dalam posisi ini," serunya.

Hal senada juga diserukan Aktivis IPW, Ramadan. Menurutnya Menteri Perumahan Rakyat sebaiknya berasal dari kelompok profesional untuk mencegah konflik kepentingan dalam jabatan. "Sebaiknya sih kalau menurut saya dari profesional saja. Supaya partai tidak berkepentingan dalam program perumahan murah," harap dia.

Saat ditanya siapa saja yang layak menduduki posisi tersebut, Ramadan enggan berkomentar banyak. Ia hanya mengatakan bahwa sosok profesional bisa datang dari kalangan yang memang telah lama berkecimpung dalam dunia perumahan.

"Seperti dari asosiasi atau lembaga perumahan, pasti ada yang layak untuk menduduki jabatan Menpera, sebab sehari-hari para profesional yang berkecimpung di asosiasi atau lembaga tentu paham akar persoalan dan solusi untuk menyelesaikan persoalan perumahan di Indonesia," tukas dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Direktur Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda berharap Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tidak salah dalam menunjuk Menteri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News