Warga Brasil Lebih Senang Argentina Juara

Warga Brasil Lebih Senang Argentina Juara
Warga Brasil Lebih Senang Argentina Juara

jpnn.com - Sehari setelah pilpres 2014, pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA bersama istri dan dua anak mereka terbang ke Rio de Janeiro, Brasil. Di ibukota negeri Samba, keluarga Denny JA yang gemar sepakbola ingin menyaksikan langsung partai final Piala Dunia 2014 antara tim nasional Argentina melawan tim nasional Jerman.

Ini merupakan pertemuan ketiga Argentina dan Jerman dalam pertandingan final Piala Dunia. Keduanya pernah bertemu pada 1986 dan 1990. Dalam pertandingan final 1986, Argentina mengalahkan Jerman 3-2. Sementara empat tahun kemudian, giliran Jerman menundukkan Argentina 1-0.

Sehari sebelum pertandingan final kali ini, sebut Denny JA dalam akun twitter @DennyJA_World, suasana di Rio tidak tegang seperti suasana di Jakarta sehari sebelum pemilihan presiden yang lalu. Stadium Maracana sudah dipenuhi turis mancanegara yang ingin melihat lokasi sebelum pertandingan dimulai.

“Sehari sebelum final saya merasakan suasana publik Brasil yang tak terlalu riang. Mereka masih kecewa tim nasional mereka dipermalukan sehingg Brasil kini juara keempat walau sebagai tuan rumah,” tulis Denny JA.

Di Pantai Copa Cobana, beruang berbaju batik Indonesia ikut dipamerkan bersama puluhan beruang negara lain. Sementara ratusan mobil pendukung Argentina memasuki Brasil, siap mengharubirukan stadium Maracca. “Jumlah warga Jerman yang datang ke Rio memang tak sebanyak warga Argentina yang jaraknya lebih dekat,” ungkapnya.

Dari pembicaraan dengan penduduk Brasil yang bisa berbahasa Inggris, Denny JA mendapatkan informasi bahwa umumnya orang Prancis berharap Argentina yang jadi juara dunia. Setidaknya ada dua alasan di balik keinginan itu.

Pertama, masih kata Denny JA, Jerman lebih mengancam Brasil. Bila Jerman keluar sebagai juara dunia tahun ini maka rekor Jerman akan bertambah menjadi empat kali juara. Rekor ini mendekati Brasil yang sudah lima kali juara dunia.

Sementara apabila Argentina yang menang, ini adalah gelar juara dunia ketiga bagi Argentina. Adapun alasan kedua berkaitan dengan sentimen sebagai sesama negara Amerika Latin. Orang Brasil ingin agar juara dunia juga berasal dari Amerika Latin, mengingat kawasan itu adalah tuan rumah Piala Dunia kali ini. (rmo/jpnn)

Sehari setelah pilpres 2014, pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA bersama istri dan dua anak mereka terbang ke Rio de Janeiro, Brasil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News