Warga Catalunya Kembali Serbu Bilik Suara

Warga Catalunya Kembali Serbu Bilik Suara
Massa pendukung kemerdekaan Catalunya. Foto: lavanguardia

jpnn.com, BARCELONA - Catalunya menggelar pemilihan umum (pemilu) perdana pascareferendum kemerdekaan kemarin, Kamis (21/12). Antusiasme Catalan (sebutan untuk penduduk Catalunya) sangat tinggi.

Hanya dalam waktu empat jam sejak tempat pemungutan suara (TPS) di berbagai tempat buka, sepertiga pemilih terdaftar sudah menggunakan hak suara. Itu setara dengan 1,8 juta orang. TPS ditutup pukul 02.00 WIB, Jumat (22/12) dini hari tadi.

Sampai pukul 13.00 waktu setempat, angka kehadiran pemilih di seantero Catalunya sudah mencapai 34,7 persen. Selain Spanyol, pemilu itu menarik perhatian dunia. Sebab, hasil pemilu tersebut merupakan perwujudan keinginan rakyat Catalunya.

’’Akan terlihat apakah dukungan terhadap kalangan pro kemerdekaan berkurang atau meningkat,’’ kata Miguel Rodriguez, pemilih di sisi selatan Kota Barcelona.

Kemarin para pemilih muda mendominasi sekitar 2.700 TPS yang tersebar di seluruh Catalunya. Rata-rata, mereka baru kali ini ikut menentukan masa depan Catalunya.

Tidak hanya di sisi pemilih, para kandidat yang mencalonkan diri untuk menjadi anggota parlemen Catalunya sepeninggal Carles Puigdemont itu pun masih muda-muda. Salah satunya Ines Arrimadas.

’’Kami akan berjuang ekstrakeras untuk mengembalikan Catalunya pada titik normal,’’ ujar Arrimadas sebagaimana dikutip Reuters.

Dia menjadi kandidat legislator yang diusung Partai Ciutadans. Untuk sementara, partai-partai pro-Madrid unggul dalam perolehan suara. Salah satunya Ciutadans.

Catalunya menggelar pemilihan umum (pemilu) perdana pascareferendum kemerdekaan. Hanya dalam waktu empat jam, sekitar 1,8 juta pemilih menggunakan haknya

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News