Warga Diminta Tetap Waspada Terjadi Banjir dan Longsor Susulan di Daerah Ini

Warga Diminta Tetap Waspada Terjadi Banjir dan Longsor Susulan di Daerah Ini
Warga berjalan melintasi jalan berlumpur akibat terbawa banjir bandang di Kampung Calung Bungur, Sajira, Lebak, Banten, Minggu (12/1/2020). Foto: ANTARA/WELI AYU REJEKI

jpnn.com, LEBAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta warga mewaspadai kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor selama sepekan ke depan. Hal ini berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa selama kurun itu hujan ringan hingga lebat turun di wilayah Lebak.

“Kami berharap warga tetap waspada terjadi bencana banjir dan longsor susulan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Senin (13/1/2020).

Ia mengatakan, warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai, perbukitan, dan kaki gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) perlu meningkatkan kewaspadaan.

"Kami berharap peringatan waspada banjir itu dapat mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," katanya seperti dilansir Antara.

Banjir bandang dan tanah longsor pada awal tahun 2020 melanda enam kecamatan di Kabupaten Lebak, menyebabkan 10 orang meninggal dunia, 1.060 rumah rusak berat, 428 rumah rusak ringan, dan 17.200 warga mengungsi.

Banjir juga mengakibatkan kerusakan 19 sekolah, 28 jembatan, dan 891 hektare sawah.

“Kami memperkirakan kerugian banjir bandang dan longsor itu mencapai puluhan miliar rupiah,” kata Kaprawi.(Ant/fri/jpnn)

Kaprawi berharap warga tetap waspada bakal terjadi bencana banjir dan longsor susulan.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News