Warga Indonesia di Australia Saling Bantu Selama Pandemi Virus Corona

Warga Indonesia di Australia Saling Bantu Selama Pandemi Virus Corona
Kegiatan yang dilakukan komunitas Indonesia di Australia membantu sesama selama pandemi COVID-19. (Foto: Supplied)

Pandemi COVID-19 di Australia menimbulkan masalah bagi sebagian warganya, namun bantuan bermunculan, termasuk di kalangan komunitas diaspora Indonesia di Australia yang saling membantu.

ABC Indonesia berbicara dengan empat perwakilan diaspora Indonesia di empat kota, yakni Sydney, Melbourne, Adelaide dan Darwin, yang dalam 3 bulan terakhir menyediakan makanan dan kebutuhan pokok lainnya bagi warga Indonesia yang memerlukan.

Di Sydney, Susan dari komunitas 'The Rock' merupakan salah satu yang aktif terlibat.

"Selama pandemi, kami dari The Rock membuat satu tim yang disebut 'The Rock Care'. Kami membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dan juga para lansia, yang mengalami kesulitan misalnya tidak bisa pergi belanja.

"Kita membantu dengan memberikan bantuan langsung ke rumah mereka," kata Susan kepada wartawan ABC Indonesia, Sastra Wijaya.

Di Melbourne, Angelina Sukiri, yang sehari-hari bekerja sebagai agen perjalanan, membentuk sebuah proyek yang dinamakan 'Kasih Project'.

"Kami menyediakan paket kasih berupa bahan-bahan makanan pokok seperti misalnya beras, minyak goreng.

"Pada awalnya kami menggunakan ruangan di KJRI Melbourne sehingga yang membutuhkan dapat mengambil paket di sana. Setelah itu kami juga membantu menyalurkan bantuan kepada mereka yang berada di kawasan regional dan rural di Victoria," kata Angelina.

Pandemi virus corona di Australia menimbulkan masalah bagi sebagian warganya, namun bantuan bermunculan, termasuk di kalangan komunitas diaspora Indonesia yang saling membantu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News