Warga Jakarta Kini Bisa Memantau Kualitas Udara di Sekitarnya

Warga Jakarta Kini Bisa Memantau Kualitas Udara di Sekitarnya
Ilustrasi kualitas udara Jakarta. Foto: M Risyal/ANTARA

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah berupaya mengembangkan website Jakarta Rendah Emisi untuk memonitor kualitas udara di ibu kota.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam keterangan resmi pada Kamis (24/3).

"Fitur ini dapat menunjukkan data kualitas udara dari delapan alat pemantau di Jakarta," ujar Asep.

Dia menjelaskan website tersebut dibuat agar masyarakat bisa memantau data kualitas udara di sekitarnya tanpa melihat berbagai laman yang berbeda.

"Ke depan fitur ini akan terus kami kembangkan,” ujar Asep.

Asep menyebut fitur baru dalam website Jakarta Rendah Emisi dapat menunjukkan data kualitas udara yang terdiri dari polutan particulate matter (PM2.5, PM10), Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Dioksida (NOx), Karbon Dioksida (CO), dan ozon (O3).

Peta kualitas udara bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang dampak polusi udara bagi kesehatan.

"Peta kualitas udara baru ini akan memudahkan warga untuk mendapatkan informasi tentang kualitas udara di wilayah tempat tinggal. Datanya juga dapat diunduh," tutur Asep. (mcr18/fat/jpnn)


DLH DKI Jakarta mengembangkan website Jakarta Rendah Emisi yang menampilkan kualitas udara ibu kota. Begini penjelasannya.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News