Warga Kota Batu Tergerak Terapkan Ekonomi Sirkular Berkat Pelatihan Ganjar Creasi

Warga Kota Batu Tergerak Terapkan Ekonomi Sirkular Berkat Pelatihan Ganjar Creasi
Warga mengikuti pelatihan yang diadakan Ganjar Creasi di Kota Batu, Jawa Timur. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KOTA BATU - Warga Kota Batu, Jawa Timur (Jatim) tergerak untuk menerapkan ekonomi sirkular setelah dibekali pelatihan dari Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR bersama Ganjar atau G-Creasi.

Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu mengadakan ‘Pelatihan Pembuatan Komposter Rumah Tangga dan Pemanfaatan Sampah Menjadi Produk Ekonomis’ di Jalan Mbah Joyo, Bumiaji, Kota Batu pada Sabtu (16/9).

Dari pelatihan tersebut, warga Kota Batu diajarkan membuat komposter yang merupakan alat pengurai sampah dengan bantuan maggot atau belatung. Hasil penguraian sampah dari maggot bisa menjadi produk bernilai jual.

Hal itu sesuai dengan prinsip ekonomi sirkular atau ekonomi ramah lingkungan yang mengusung konsep pakai-daur ulang-pakai. Sehingga siklus hidup dari suatu produk, bahan baku, dan sumber daya yang ada bisa dipakai selama mungkin.

“Pengolahan sampah ternyata bisa menjadi suatu produk yang bisa kita manfaatkan seperti dekomposter dan nanti dikembangkan untuk maggot,” kata salah satu peserta pelatihan, Ahmad Anwar As Sidiq.

Ahmad mengatakan, dalam pelatihan tersebut dijelaskan bahwa hasil penguraian sampah dapat menjadi produk yang punya nilai ekonomis. Seperti pakan ternak, eco enzim (pestisida alami), dan pupuk organik untuk pertanian.

Menurut Ahmad, hal itu bagus untuk menumbuhkan perekonomian di Kota Batu. Apalagi Ganjar Pranowo telah mencontohkan penerapan ekonomi sirkular selama memimpin Jawa Tengah (Jateng) dua periode.

Adapun potensi sumber daya yang kerap dilakukan Ganjar dalam ekonomi sirkular ini adalah panas matahari, gas rawa, geothermal, serta angin dan air. Dari sumber itu, Ganjar mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT), dalam bentuk geothermal, PLTS, hingga saluran gas pengganti LPG 3 Kg.

Para warga Kota Batu tergerak untuk menerapkan ekonomi sirkular setelah mendapat pelatihan dari Ganjar Creasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News