Crivisaya Ganjar Adakan Pelatihan Untuk Dorong Geliat UMKM di Musi Rawas

Crivisaya Ganjar Adakan Pelatihan Untuk Dorong Geliat UMKM di Musi Rawas
Pelatihan UMKM yang diadakan Civitas Ganjar di Musi Rawas, Sumsel. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MUSI RAWAS - Sukarelawan Crivisaya Ganjar yang terdiri dari alumni muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) mendorong pertumbuhan UMKM warga Musi Rawas lewat pelatihan membuat abon ikan lele.

Berkolaborasi dengan produsen Rumah Lele (RULE) bernama Yayuk Yuliani, pelatihan itu berlangsung di kawasan Danau Aur, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan pada Sabtu (16/9).

"Harapan kami warga bisa lebih kreatif dalam mengelola ikan lele tidak hanya sekedar budi daya saja, tetapi untuk meningkatkan UMKM di daerah sini terutama Musi Rawas," ujar Perwakilan Crivisaya Ganjar Sumsel, Agung Wahyudi.

"Khususnya di Musi Rawas untuk di daerah Sumber Harta dan sekitarnya, masyarakat lebih dominan pada budi daya ikan dan persawahan. Jadi, di daerah sini kami fokuskan untuk lebih ke pengelolaan ikan terutama ikan lele," jelas Agung.

Menurut Agung, UMKM di Musi Rawas masih sangat lesu. Karena itu, Civitas Ganjar ingin membangkitkan geliat UMKM warga dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada dan melimpah ruah di daerah tersebut.

Pihaknya pun memilih bahan dasar ikan lele yang akan diolah karena memang komoditas ikan lele menjadi panganan favorit warga sekitar. Selain harganya yang murah, cara pembudidayaan ikan lele juga relatif sangat mudah. 

Kegiatan ini juga sebagai sosialisasi sosok Ganjar Pranowo calon Presiden 2024 kepada warga setempat.

Warga pun tampak sangat antusias menerima kehadiran sukarelawan Crivisaya Ganjar.

Sukarelawan Crivisaya Ganjar mendorong para pelaku UMKM di Musi Rawas untuk lebih kreatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News