Petebu Ganjar Bantu Normalisasi Saluran Air Untuk Antisipasi Banjir di Medan

Petebu Ganjar Bantu Normalisasi Saluran Air Untuk Antisipasi Banjir di Medan
Petani Tebu Bersatu membantu membersihkan saluran air untuk mengantisipasi banjir di Medan. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MEDAN - Mengantisipasi musim penghujan dengan intensitas tinggi yang akan berdampak pada bencana banjir, sukarelawan Petani Tebu (Petebu) Dukung Ganjar bersama Komunitas Pecinta Lingkungan dan masyarakat bahu-membahu melakukan normalisasi saluran air, Sabtu (16/9).

Kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan di Jalan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara. Gotong royong pembersihan parit dilakukan untuk mengantisipasi banjir karena parit yang tersumbat.

"Beberapa hari ini intensitas hujan di Kota Medan sangat tinggi, sehingga kami mengajak masyarakat untuk peduli dalam rangka menjaga kebersihan, membersihkan saluran parit yang tersumbat dalam rangka pencegahan banjir," kata Ketua Harian Sukarelawan Petebu Dukung Ganjar Sumut, Adep Prabudi dalam siaran persnya.

Kegiatan tersebut, menurut Adep kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan dan masukan dari masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan setempat.

"Masyarakat berharap kondisi itu harus segera diantisipasi dengan melaksanakan salah satu kegiatan melaksanakan kebersihan parit, pembersihan drainase, kemudian saluran yang tersumbat untuk melancarkan aliran air ketika hujan turun," ungkap Adep.

Menurut Adep, kondisi di lingkungan setempat cukup mengkhawatirkan dengan banyaknya tumpukan sampah dan sumbatan yang terjadi akibat tumbuhan yang menumpuk menghalangi parit. Sehingga, hal tersebut berpotensi tinggi menyebabkan banjir akibat saluran tersumbat.

"Banyak tumpukan sampah maupun rerumputan hingga mengakibatkan aliran tersumbat. Maka, tadi kami membersihkan sampah, mencabut rumput, membersihkan beberapa sangkutan sampah sehingga memudahkan lancarnya parit," lanjutnya.

Adep mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan sekitar dan rutin melakukan pembersihan lingkungan secara berkala untuk meminimalisir ancaman banjir yang melanda lingkungan tersebut.

Sukarelawan Petani Tebu Bersatu membantu membersihkan saluran air untuk mengantisipasi banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News