Warga Maluku Ingin Kilang Gas Blok Masela Dibangun di Daratan

Warga Maluku Ingin Kilang Gas Blok Masela Dibangun di Daratan
Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Tokoh masyarakat Maluku yang juga Direktur Archipelago Solidarity Foundation‎, Engelina Pattasiana mengusulkan agar kilang gas dari Blok Masela di Laut Arafuru dibangun di darat (onshore). Menurutnya, jika kilang untuk mengolah gas dari Blok Masela dibangun di laut, maka ada kemungkinan memicu gesekan dengan Austealia.

"Kalau mau dibangun di lepas pantai, akan berada di perbatasan Indonesia-Australia. Padahal di sana juga ada blok gas yang sama, tapi milik Australia," ujar Engelina dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (5/3).

Lebih lanjut bekas anggota DPR dari Fraksi PDIP itu menjelaskan, di sekitar wilayah Blok Masela sebenarnya masih ada wilayah dengan cadangan gas besar. Misalnya, di sekitar palung Laut Banda.

Karenanya jika kilang dibangun di lepas pantai atau offshore, katanya, maka pengawasannya akan lebih sulit dilakukan. Terlebih, keberadaan Blok Masela sebagai bagian dari wilayah Maluku juga perlu dinikmati masyarakat setempat.

Engelina bahkan mengharapkan masyarakat Maluku bisa dilibatkan dalam kegiatan pengawasan kegiatan eksplorasi di Blok Masela. "Maluku ini sudah 70 tahun jadi wilayah termiskin di Indonesia, ini sumber daya alam kami, jadi bagaimana caranya harus menguntungkan masyarakat Maluku," tegasnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News