Saatnya Bernostalgia di Morotai sambil Menyaksikan Gerhana Matahari Total

Saatnya Bernostalgia di Morotai sambil Menyaksikan Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total adalah fenomena langka yang melintas di langit Indonesia pada 9 Maret mendatang. Foto. AFP

jpnn.com - MALTARA - Ternate adalah ibu kota Maluku Utara. Inilah tempat wisata di Indonesia yang penuh nostalgia. Kalau tak percaya, cobalah berkunjung ke Maluku Utara saat gerhana menyapa, 9 Maret 2016. 

Sambil menyelam minum air, sambil menyaksikan gerhana, berwisata bahari. Ajakan Menpar Arief Yanya itu tidak terlalu berlebihan, karena salah satu dari 10 Top Destinasi adalah Morotai, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

"Silakan sambil ber-GMT, menjelajahi keindahan negeri Indonesia," jelas Menpar Arief Yahya yang sudah merencanakan ke Belitung, 9 Maret nanti.
 
Di kawasan timur Indonesia itu, pelaku bisnis pariwisata di sana sudah menyiapkan cendera mata yang bisa membawa wisatawan bernostalgia ke masa lalu. Sebelum GMT, nama Maluku Utara rasa-rasanya belum dikenal dunia. Topografi pulaunya kecil. 

Tapi, potensi wisatanya tak kalah dengan wilayah lain di Tanah Air. Selain menyimpan panorama alam yang menawan, wilayah ini kaya dengan rempah.
Pala dan cengkih misalnya. Tanaman ini sangat cocok tumbuh di alam Maluku Utara. 

Saatnya Bernostalgia di Morotai sambil Menyaksikan Gerhana Matahari Total

Pulau Morotai. tourismofnautica.blogspot.com

Dalam buku Mutiara dari Timur (1996) yang ditulis Burhan Bungin disebutkan, rempah-rempah dari pulau yang dijuluki ”Surga dari Timur” itu, merupakan primadona ekonomi di negara-negara Atlantik Utara.

Nah, jelang GMT 9 Maret nanti, nostalgia akan ketenaran rempah-rempah itu kembali muncul. Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Maluku Utara kemudian ada di garda terdepan untuk mengenalkan rempah kepada wisawatawan mancanegara. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News