Warga Marunda Keluhkan Kesehatan Akibat Debu Batu Bara, Dirut PT KCN Berkata

Warga Marunda Keluhkan Kesehatan Akibat Debu Batu Bara, Dirut PT KCN Berkata
Direktur Utama PT KCN Widodo Setiadi di Marunda, Jakarta Utara, Rabu (31/3. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara (KCN) Widodo Setiadi mengaku kaget ketika sejumlah warga Marunda mengadu ke DPRD DKI dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait gangguan kesehatan seperti ISPA dan kerusakan mata.

Konon, berbagai penyakit yang diderita masyarakat Marunda tersebut diduga berasal dari sisa debu batu bara PT KCN.

Menurut Widodo, selama hampir 10 tahun menjalankan perusahaan, pihaknya justru tak pernah menerima protes dari masyarakat terutama masalah gangguan kesehatan.

"Kami bongkar batu bara ini sejak 2012 tahun lalu, tidak ada misalnya keluhan atau surat langsung dari warga ke kami selama ini, protes terhadap apa pun," ucap Widodo pada Kamis (31/3).

Dia lalu membandingkan dengan para pekerja perusahaan maupun yang terjun langsung membongkar batu bara di pelabuhan.

Widodo mengeklaim selama ini tak ada satu pun pekerjanya yang mengalami kerusakan mata akibat debu batu bara.

“Karyawan kami yang sepuluh tahun pun tidak ada yang ganti kornea mata, tetapi kan ini perlu ada pembuktian. Kami paham bahwa kami perlu melihat secara jernih dan persuasif,” tuturnya.

Untuk memastikan tuduhan tersebut, PT KCN membentuk tim investigasi pencari fakta yang mencari tahu tentang keluhan masyarakat.

Menurut Widodo, selama hampir 10 tahun menjalankan perusahaan, pihaknya justru tak pernah menerima protes dari masyarakat terutama masalah gangguan kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News