Warga Marunda Sempat Kekurangan Air Bersih, PAM Jaya Sediakan Reservoir Komunal

Warga Marunda Sempat Kekurangan Air Bersih, PAM Jaya Sediakan Reservoir Komunal
Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin, Anggota DPRD DKI Pandapotan Sinaga, dan sejumlah jajaran saat meninjau ketersediaan reservoir komunal di Marunda Kepu, Jakarta Utara, Jumat (16/12).

jpnn.com, JAKARTA UTARA - Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin mengungkapkan selama beberapa bulan terakhir, warga di Marunda Kepu, Jakarta Utara mengalami kekurangan air bersih.

Hal tersebut diakibatkan kurangnya tekanan serta peningkatan kebutuhan.

“Perkembangan area di hulu Marunda Kepu menyebabkan kebutuhan air di hulu makin meningkat. Selain itu, secara teknis perbedaan elevasi di jembatan Kanal Banjir Timur menyebabkan tekanan turun signifikan,” ucap Arief dalam keterangannya, Sabtu (17/12).

Walau begitu, warga di Marunda Kepu kini tak perlu khawatir karena saat ini PAM Jaya telah merampungkan reservoir komunal untuk menyediakan suplai air di wilayah tersebut.

“Dari persoalan di lapangan, kami menemukan solusi sederhana, yakni pembangunan reservoir komunal. Prinsipnya, kami membuat penampungan air di dekat permukiman. Setelah air terisi penuh, kemudian memompakannya ke rumah-rumah warga,” jelasnya.

Selama beberapa bulan sebelumnya, PAM JAYA juga memberikan solusi suplai air kepada warga di sana melalui mobil tangki sejak Mei 2022 dengan total lebih dari 2.000 meter kubik atau lebih dari 2 juta liter.

Pembangunan reservoir komunal disertai booster pump di dekat pemukiman warga kemudian menjadi solusi atas kebutuhan air warga Marunda Kepu, Jakarta Utara.

Saat ini, suplai air di wilayah tersebut telah normal bahkan hingga ke rumah yang berada di ujung pemukiman.

Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin mengungkapkan selama beberapa bulan terakhir, warga di Marunda Kepu, Jakarta Utara mengalami kekurangan air bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News