Warga Muratara Kebanjiran, Pj Gubernur dan Ketua PKK Sumsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan

Warga Muratara Kebanjiran, Pj Gubernur dan Ketua PKK Sumsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan
Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni bersama Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni saat menemui warga terdampak banjir di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pada Sabtu (30/12). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, MUSI RAWAS UTARA - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tyas Fatoni gerak cepat memberikan bantuan bagi warga yang terdampak banjir di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pada Sabtu (30/12) sekitar pukul 17.45 WIB.

Bantuan pertama yang telah disalurkan kepada warga yang terdampak banjir tersebut, di antaranya 800 paket sembako (mi instan 8 ribu bungkus, minyak goreng 800 bungkus, gandum 800 bungkus, gula pasir 800 bungkus, saos sambal 1.600 botol, kecap manis 1.600 botol, sarden 3.200 kaleng, dan goodie bag 800 pcs).

“Kami juga salurkan bantuan terpal dan selimut masing-masing 100 lembar terpal dan 100 lembar selimut,” ungkap Pj Gubernur Agus Fatoni dalam keterangan yang diterima, Selasa (2/1).

Fatoni menyampaikan beberapa saat setelah banjir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel langsung berkoordinasi dengan Pemkab Musi Rawas Utara untuk melakukan pendataan di lapangan.

Pemprov Sumsel bersama dengan TP PKK juga langsung mendirikan dapur umum untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Pemprov Sumsel, lanjut Fatoni, juga telah mengirim 2 Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi ke lokasi bencana untuk melakukan kajian sekaligus melakukan navigasi bencana antisipasi banjir susulan.

“Masyarakat tetap kami minta tetap tenang serta meningkatkan kewaspadaan kalau terjadi banjir susulan,” ujar Pj Gubernur Agus Fatoni.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan BNPB Sumsel, banjir ini menyebabkan jembatan gantung penghubung Desa Batu Gajah dengan Desa Batu Gajah Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara terputus.

Putusnya jembatan akses penghubung dua desa bertetangga tersebut disebabkan rumpun bambu yang ikut hanyut tersapu banjir sehingga menghantam jembatan gantung yang menjadi akses warga dari kedua desa tersebut.

Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah menambahkan pihaknya telah menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak banjir di Kecamatan Rupit.

Bantuan Pemprov Sumsel tersebut, berupa makanan siap saji dan mendirikan dapur umum.

"Ini sesuai dengan instruksi pak Pj Gubernur,” kata Mirwansyah.

Selain bantuan dari Pemprov Sumsek, lanjut Mirwansyah, juga ada bantuan paket sandang untuk sementara yang diberikan PTBA, PT Djarum, dan SKK Migas.

“Sejauh ini kami telah salurkan bantuan tahap pertama, berupa logistik sembako dan bantuan sandang. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan lagi, kami akan salurkan kepada warga yang terdampak bencana di sana,” tandasnya. (mrk/jpnn)

Pj Gubernur Agus Fatoni bersama Pj Ketua PKK Sumsel gerak cepat menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Muratara


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News