Warga Pegunungan Krisis Air Bersih

Warga Pegunungan Krisis Air Bersih
Warga Pegunungan Krisis Air Bersih
GORONTALO - Masyarakat yang tinggal di pegunungan Desa Oluhuta Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo saat ini dilanda krisis air bersih. Sejumlah warga untuk mendapatkan air bersih terpaksa harus menempuh perjalanan hingga dua jam.

 

Untuk menjaga hal itu tidak terjadi lagi, seluruh keluarga yang tinggal di pegunungan Desa Oluhuta itu biasanya bergantian mengisi air dari Desa Olohuta bawah. Seperti itulah yang dilakukan sejumlah keluarga yang tinggal di pegunungan ini. Meski berat memikul air galon, bagi mereka hal tersebut diakui lebih ringan daripada sehari hidup tanpa ada air.

Fahmi misalnya, terpaksa setiap hari harus turun dari gunung menuju desa Olohuta bagian bawah untuk mengisi air di botol-botol yang dibawa. botol atau galon-galon tersebut, diikat di kayu untuk memperbanyak jumlah air yang diambil untuk dapat memperbanyak stok air di rumah mereka. "Mau bagaimana lagi, kebutuhan air ini sangat banyak," keluhnya.

Lama perjalanan untuk menuju tempat pengambilan air yakni sekitar 2 jam, satu jam turun ke bawah untuk mengambil air dan satu jam untuk naik dibawa ke rumah. Pipit gadis berumur 13 tahun misalnya, mengaku aktifitas tersebut sudah dilakoni sudah setahun lebih. Dirinya mengaku mengangkut air dari bawah pegunungan menuju ke atas dengan membawa 3 hingga 4 botol ukuran 1 liter. "Sebelum saya, masih ayah saya yang mengambil air dari bawah, tetapi sekarang sudah saya yang mengambil air karena saya harus membantu orang tua saya," ungkap Pipit yang masih duduk di bangku SMP ini.

GORONTALO - Masyarakat yang tinggal di pegunungan Desa Oluhuta Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo saat ini dilanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News