Warga Surabaya Mulai Jagokan Laksda (Purn) Untung Suropati jadi Pengganti Bu Risma

Warga Surabaya Mulai Jagokan Laksda (Purn) Untung Suropati jadi Pengganti Bu Risma
Laksda (Purn) Untung Suropati. Foto: arsip pribadi

jpnn.com, SURABAYA - Bursa calon wali kota Surabaya bakal kian semarak. Setelah muncul nama Hanif Dhakiri dan Gamal Albinsaid, kini ada Untung Suropati yang juga mulai disebut-sebut sebagai bakal calon wali kota Surabaya.

Untung dikenal sebagai sosok yang sudah sangat mengenal Surabaya. Pensiunan TNI dengan pangkat terakhir laksamana muda itu pernah menjadi Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Juanda.

Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1984 itu juga dikenal komunikatif. Untung yang pernah menjadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), lalu mengakhiri kariernya di Lemhanas RI.

Wartawan senior Dar Edi Yoga yang lama meliput di lingkungan TNI menyebut Untung sebagai pribadi cerdas, jujur, memiliki wawasan luas, serta bertanggung jawab atas setiap tugas dan jabatan yang diembannya. Dalam analisis Yoga, mantan tentara kelahiran 19 Desember 1958 itu sangat cocok memimpin Kota Pahlawan.

"Saya yakin masyarakat Surabaya mendukung penuh Untung Suropati sebagai calon wali kota. Surabaya sebagai Kota Pelaut yang membutuhkan sosok tegas dan berwibawa, serta dapat menjadikan kotanya aman dari bahaya intoleransi dan radikalisme," ujar Yoga.

Salah satu warga Surabaya yang mencermati jejak Untung adalah Sri Chandra Yasmina. Menurut Yasmina, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memiliki konsep tentang Kota Maritim Dunia.

Yasmina meyakini Untung bisa mewujudkan keinginan Risma menjadikan Surabaya sebagai Kota Maritim Dunia. "Surabaya masih butuh dipimpin ketegasan prajurit dan sosok smart, semua ada pada Pak Untung Suropati," ujarnya.

Untung sebagai tentara tidak hanya dikenal kemampuannya dalam matra laut. Sebab, penerima penghargaan Satya Lencana Seroja itu juga memiliki sertifikat penerbang.

Bursa calon wali kota Surabaya bakal kian semarak dengan munculnya nama Laksda (Purn) Untung Suropati, mantan Danlanudal Juanda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News