Warga Terserang Penyakit

Warga Terserang Penyakit
Warga Terserang Penyakit
SERANG - Ratusan warga korban banjir di sejumlah daerah di Provinsi Banten mulai terserang penyakit. Tak hanya orang dewasa, balita juga terserang gatal-gatal, diare, batuk dan  pilek.

”Banyak warga terserang penyakit karena kekurangan air bersih,” ujar Muhamad Subhi, 47, tokoh masyarakat Desa Undar-Andir, Kragilan, Kabupaten Serang, kemarin (17/1).

Serangan penyakit ini, tutur Subhi juga, terjadi saat lantaran penampungan yang tak layak. ”Ada bantuan air bersih dari Kodim tetapi jauh. Warga harus berjalan 1 kilometer,” tuturnya sembari menduga warga yang terserang penyakit lantaran menggunakan air sisa banjir untuk kebutuhan sehari-hari.

Sirida Tambunan, dokter relawan banjir di Serang, mengatakan fisik warga menurun karena 4 hari hidup di lingkungan banjir yang tak sehat. ”Penyakit pasca banjir terjadi karena kelelahan,” terangnya. Akibatnya warga rentan terserang penyakit. ”Paling banyak menderita demam, penyakit kulit, gatal-gatal dan flu,” ungkapnya.

 

SERANG - Ratusan warga korban banjir di sejumlah daerah di Provinsi Banten mulai terserang penyakit. Tak hanya orang dewasa, balita juga terserang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News