Warung Kelontong Usma Dibakar, Barang Dagangan Dijarah Perusuh

Warung Kelontong Usma Dibakar, Barang Dagangan Dijarah Perusuh
Usma melihat warung kelontong miliknya yang habis dibakar. Foto: Gunawan/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kerusuhan selalu menyisakan luka mendalam bagi masyarakat. Tujuh nyawa melayang sia-sia. Ratusan orang mengalami luka. Bahkan pedagang kelontong yang tidak terlibat apa pun jadi korban. Dagangannya dijarah perusuh hingga tidak tersisa.

Usma hanya tertunduk lesu dengan tangis air mata yang membasahi pipinya. Warung kelontong miliknya ludes dijarah perusuh yang sempat membuat Ibu Kota mencekam pada 22 – 23 Mei. Dia meratapi dan terus melihat warung kelontong miliknya dengan memegang beberapa buah roti.

Warung kelontong Usma ada di kawasan Wahid Hasyim tak jauh dari tempat pos polisi yang dibakar perusuh pada Rabu (22/5) malam.

BACA JUGA: Polri Klaim 6 Warga Tewas Saat Rusuh 21 dan 22 Mei, Satu Tanpa Identitas

Pria ‎64 tahun yang mengenakan kaus berwarna merah kombinasi hitam dan abu-abu ini menceritakan kisahnya. Kejadian berawal pada Rabu (22/5) malam sekitar 23.30 WIB, massa berbondong-bondong mulai mendatangi kawasan Wahid Hasyim. Mereka kabur setelah dipukul mundur petugas kepolisian di depan kantor Bawaslu.

Saat itu Usma memohon kepada para perusuh supaya tidak membakar warung kelontong miliknya. Ini mengingat massa sudah mulai membakar pos polisi yang berada di Jalan Wahid Hasyim. “Mas, tolong jangan dibakar toko saya ini,” cerita Usma, Kamis (23/5).

Sembari sesekali membasuh air matanya, Usma melanjutkan kisah ceritanya. Karena tak tahan dengan gas air mata, dirinya meninggalkan warung kelontong miliknya, sekira tengah malam.

Bagi Usma, tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan diri dari pedihnya gas air mata yang dilemparkan petugas kepolisian. Namun sayang, nasib buruk menimpanya. Pagi sekira pukul 05.30 WIB saat mengecek warung miliknya, badan Usma langsung lemas, hatinya sangat sedih.

Barang dagangannya ludes dijarah oleh perusuh. Mulai dari rokok, mananan ringan dan minum-minuman semuanya raib. Padahal posisi warungnya dikunci.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News