Wasit AFF Non ASEAN, Ini Alasannya

Wasit AFF Non ASEAN, Ini Alasannya
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - MANILA - Selama gelaran Piala AFF 2016 kita tak akan melihat wasit asal Asia Tenggara beraksi menjadi pengadil di lapangan. Semua wasit yang bertugas adalah wasit AFC tapi berasal dari negara non-Asean.

Kondisi itu juga terlihat saat Indonesia bermain melawan Thailand, Sabtu (19/11) dan Filipina, Selasa (22/11). Mereka yang memimpin adalah wasit-wasit yang berasal dari Asia barat dan timur, alias wasit AFC.

Keputusan menggunakan wasit ini, menurut eks wakil Ketua Umum PSSI Erwin Dwi Budiawan diambil dalam rapat jelang AFF beberapa bulan lalu. Saat itu, PSSI belum melakukan kongres dan dirinya ada di sana mengikuti rapat.

"‎Keputusan AFF, wasit dari luar Asean semua supaya fair‎ play," katanya melalui sambungan telepon internasional, Rabu (23/11) siang‎.

Menurut dia, pemilihan wasit non-Asean itu adalah keputusan dari AFF, bukan merupakan masukan dari anggota-anggota AFF. Keputusan itupun telah di-recognized oleh federasi sepak bola Asia, AFC.

"‎Itu sudah jadi keputusan dari AFF sendiri didukung AFC, jadi anggota mengikuti," tegasnya.

Tak hanya wasit menggunakan AFC, untuk menjaga netralitas dan independensi dari pengelolaan kompetisi, badan. Peradilannya pun melibatkan AFC. Dengan demikian, komisi disiplin ataupun komisi banding kompetisinya berasal dari AFC.

‎"Jadi semuanya, bahkan badan disiplin dan prosedurnya dari AFC semua, jadi fairplay terjaga, tak ada siapa mencoba menguntungkan siapa,” tandasnya.(dkk/jpnn)


MANILA - Selama gelaran Piala AFF 2016 kita tak akan melihat wasit asal Asia Tenggara beraksi menjadi pengadil di lapangan. Semua wasit yang bertugas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News