JPNN.com

Waskita Karya Kantongi Peringkat BBB+ dari Pefindo

Rabu, 08 Juli 2020 – 15:50 WIB
Waskita Karya Kantongi Peringkat BBB+ dari Pefindo - JPNN.com
Kantor Waskita Karya. Foto dok Waskita

jpnn.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode saham: WSKT) ditetapkan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada peringkat BBB+, setelah sebelumnya mendapatkan peringkat A-.

Penyesuaian peringkat oleh Pefindo tersebut disebabkan oleh risiko yang mungkin timbul pada WSKT akibat faktor sektoral seperti terhambatnya progres pekerjaan proyek konstruksi akibat Covid-19.

Serta adanya potensi berkurangnya jumlah tender dari proyek-proyek infrastruktur yang direncanakan untuk diperoleh tahun ini.

"Selain itu, WSKT juga tercatat memiliki rasio leverage yang cukup besar, hal ini disebabkan oleh keterlibatan WSKT dalam investasi jalan tol sejak 2014. Saat ini WSKT memiliki konsesi atas 16 ruas jalan tol dan 10 ruas di antaranya telah beroperasi," ujar Director of Finance WSKT, Taufik Hendra Kusuma.

Penurunan rating 1 notch ini sambung Taufik, menunjukkan proses perbaikan di WSKT setelah sebelumnya rating WSKT turun 2 notch (dari A- ke BBB) berdasarkan rating review dari kembaga rating Fitch per Mei 2020 lalu.

“Walaupun terdapat penurunan rating 1 notch oleh Pefindo, namun kondisi ini secara umum lebih baik dari penurunan 2 notch oleh Fitch per Mei 2020 lalu. Kondisi ini secara tidak langsung menunjukkan confidence rating agency bahwa upaya perbaikan posisi keuangan perusahaan telah berjalan on track,” jelas Taufik.

Adapun mitigasi yang dilakukan oleh perseroan untuk menekan risiko keuangan adalah dengan melakukan akselerasi progress pada proyek-proyek dan memastikan target pembayaran termin proyek tercapai.

Saat ini, sambung Taufik, seluruh proyek WSKT telah berjalan dengan normal meskipun masih menghadapi tantangan akibat pandemi corona, terutama terkait penyediaan bahan baku dan tenaga kerja.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy