Waskita Karya Rampungkan Pembangunan Bendungan Gondang

Waskita Karya Rampungkan Pembangunan Bendungan Gondang
Bendungan Gondang yang dibangun oleh PT Waskita Karya yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Foto dok Waskita

jpnn.com, KARANGANYAR - PT Waskita Karya telah merampungkan Bendungan Gondang yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. 

Bendungan yang merupakan salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) ini diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Director of Operation III PT Waskita Karya Fery Hendriyanto mengatakan, konstruksi Bendungan Gondang dikerjakan perseroan sejak 30 Mei 2014 dengan nilai kontrak Rp 595 miliar meliputi pekerjaan coverdam, inlet terowongan, outlet terowongan, bendungan utama, spillway, tower intake, landscaping, dan mekanikal elektrikal.

Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter3 dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen dengan debit 200 liter per detik bagi 200 ribu jiwa, dan irigasi lahan pertanian seluas 4.680 hektar. 

Selain itu bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

"Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya dapat satu kali tanam setahun, diharapkan nantinya akan bisa 2-3 kali tanam," tutur Fery.(chi/jpnn)


Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter3 dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen dengan debit 200 liter per detik.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News