Waspada! 5 Hal ini Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

Waspada! 5 Hal ini Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh
Imunitas tubuh berkurang (Ilustrasi). Foto: Allodokter

jpnn.com - Daya tahan tubuh yang prima merupakan kunci agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk infeksi virus corona. Apalagi bila memiliki mobilitas yang tinggi, sangatlah penting untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, infeksi COVID-19 tidak mudah terjadi pada orang yang memiliki sistem imun yang baik.

Tanpa disadari, ternyata ada beberapa kegiatan yang justru membuat daya tahan tubuh jadi berkurang.

Dilansir dari Livestrong, berikut ulasannya:

1. Banyak Makan Makanan Olahan

Jika Anda sering makan makanan olahan seperti makanan kaleng atau junk food, maka tidak heran bila imun dalam tubuh sangat lemah.

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat justru memperlambat proses metabolisme dalam tubuh dan membuat imun tubuh jadi lebih sulit bekerja.

Kathleen Dass selaku Ahli Imunologi dan Asisten Profesor Klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Oakland William Beaumont School of Medicine mengatakan, makanan olahan bisa menyerang bakteri, baik dalam usus dan menyisakan ruang bagi bakteri jahat untuk masuk ke dalam tubuh, serta melemahkan sistem kekebalan usus.

Tanpa disadari, ternyata ada beberapa kegiatan yang justru membuat daya tahan atau imunitas tubuh jadi berkurang. Padahal imunitas yang baik sangat diperlukan untuk menangkal virus, termasuk corona.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News