Waspada, 5 Penyakit Berbahaya ini Sering Dikira Masuk Angin

Waspada, 5 Penyakit Berbahaya ini Sering Dikira Masuk Angin
Nyamuk Aedes Aegepty penyebar demam berdarah. Foto: Health

jpnn.com - Penyakit apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda ketika mendengar tentang keluhan perut kembung, pusing, demam, sesak napas, atau pegal-pegal? Sebagian orang mungkin akan menjawab masuk angin.

Istilah masuk angin memang sering dijadikan sebagai patokan utama untuk menggambarkan segala jenis penyakit yang terjadi di Indonesia. Padahal, istilah tersebut tidak ada di dalam kamus medis, lho!

Bukan cuma itu, keluhan yang sering dikira sebagai masuk angin nyatanya bisa menjadi tanda tanda dari adanya penyakit yang lebih gawat lagi.

Penyakit berbahaya yang sering dikira masuk angin

Faktanya, masuk angin adalah sebuah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan sekumpulan gejala.

“Masuk angin biasanya dideskripsikan sebagai rasa pegal-pegal, meriang, demam, batuk, pilek, kembung, sering sendawa, mual dan muntah. Keluhan-keluhan yang sering disebut masuk angin tersebut biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri,” kata dr. Devia Irine Putri.

Tidak hanya sebatas itu, keluhan yang dikira sebagai masuk angin itu nyatanya juga bisa menjadi tanda dari adanya penyakit yang lebih gawat lagi. Berikut ini adalah beberapa penyakit dengan gejala seperti masuk angin:

1. Infeksi Saluran Pernapasan

Penyakit ini terjadi ketika saluran pernapasan Anda terkena infeksi virus atau bakteri. Infeksi saluran pernapasan dapat terjadi secara singkat (akut) ataupun berkelanjutan (kronis).

Keluhan-keluhan yang sering disebut masuk angin tersebut biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News