Waspada, 6 Jenis Makanan ini Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Rambut

Waspada, 6 Jenis Makanan ini Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Rambut
Pengering Rambut. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Rambut yang indah tidak hanya diperoleh dari perawatan luar saja. Sejumlah nutrisi dari dalam juga penting.

Rambut membutuhkan asupan gizi, seperti protein, besi, vitamin C, omega-3, vitamin A, zink, selenium, vitamin E, serta biotin.

Karena itu, makanan memegang peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Kulit kepala bisa terganggu kesehatannya bila Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan yang merusak rambut secara berlebihan.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda kurangi konsumsinya untuk menjaga rambut tetap berkilau. Zat-zat dalam makanan tersebut diketahui dapat merusak folikel rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Nah, apa saja makanan yang dapat merusak rambut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Terlepas dari rasanya yang lezat, gula diketahui dapat memicu penuaan dini. Saat kita mengonsumsi gula, insulin dalam tubuh akan melonjak, begitu juga hormon androgen.

Kelebihan kadar hormon ini dapat menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga kerontokan rambut terjadi lebih cepat. Kadar gula yang berlebih juga dapat mengganggu penyerapan protein yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Makanan memegang peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Kulit kepala bisa terganggu kesehatannya bila Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan yang merusak rambut secara berlebihan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News