Kamis, 27 Juni 2019 – 09:09 WIB

Waspada, 6 Penyakit ini Sering Menyerang Usai Libur Lebaran

Selasa, 11 Juni 2019 – 00:18 WIB
Waspada, 6 Penyakit ini Sering Menyerang Usai Libur Lebaran - JPNN.COM

jpnn.com - Aktivitas selama libur Lebaran terbilang padat. Dimulai perayaan Idul Fitri bersama keluarga besar, mengunjungi rumah sanak saudara, atau menghabiskan waktu di jalan saat mudik. Hal tersebut tentu terasa melelahkan saat Anda harus kembali beraktivitas. Saat tubuh lelah dan daya tahan tubuh menurun itulah beragam kuman penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Bila Anda tidak pandai-pandai menjaga kondisi, bukan mustahil Anda akan jatuh sakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering menyerang tubuh usai libur Lebaran:

1. Diare

Banyaknya asupan makanan yang Anda konsumsi saat Lebaran dapat memicu terjadinya gangguan diare. Terutama jika makanan yang Anda konsumsi merupakan jenis makanan yang mudah mengiritasi lambung, seperti makanan pedas, asam, bersantan, atau jajanan pinggir jalan yang tidak terjamin kebersihannya.

Diare adalah terjadinya buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari dengan bentuk feses yang cenderung cair dan tidak ada ampasnya. Gejala penyerta yang muncul saat terjadi diare adalah perut kembung, mulas, mual dan muntah.

Jika diare terjadi, segera ganti cairan dan elektrolit yang keluar dengan meminum oralit atau air putih. Hindari pula makanan dan minuman yang dapat memicu diare, serta minum obat diare yang dijual bebas bila perlu. Apabila diare tak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter.

2. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Gejala dari infeksi saluran pernapasan atas yang sering terjadi adalah batuk dan pilek. Tubuh yang lelah dan daya tahan tubuh yang rendah dapat menyebabkan kuman penyebab infeksi saluran pernapasan atas. Karena ISPA cukup mudah menular melalui udara, kenakan masker saat Anda berada di keramaian, apalagi jika kondisi tubuh Anda sedang tidak fit.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar