Kamis, 27 Juni 2019 – 10:01 WIB

8 Cara Turunkan Berat Badan Naik Usai Libur Lebaran

Senin, 10 Juni 2019 – 16:16 WIB
8 Cara Turunkan Berat Badan Naik Usai Libur Lebaran - JPNN.COM

Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Bulan puasa sebetulnya bisa dimanfaatkan sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Terbatasnya waktu makan membuat asupan kalori menjadi lebih sedikit ketimbang biasanya. Meski begitu, sebagian orang justru mengalami kenaikan berat badan usai puasa Ramadan dan libur Lebaran. Mengapa bisa demikian?

Sesungguhnya, kenaikan berat badan setelah puasa adalah hal yang wajar. Karena puasa selama kurang lebih 13 jam membuat metabolisme tubuh melambat. Akibatnya, proses pembakaran kalori di dalam tubuh pun berkurang.

Bila kemudian asupan makanan berlebih kala sahur, berbuka, dan sewaktu merayakan hari Lebaran, kelebihan kalori akan diubah menjadi lemak tubuh. Alhasil, berat badan pun meningkat. Karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengembalikan ukuran tubuh Anda seperti sedia kala.

Mengembalikan berat badan usai puasa dan Lebaran

Agar berat badan kembali seperti semula, metabolisme tubuh harus dinormalkan kembali. Berikut ini adalah berbagai upaya yang bisa Anda lakukan:

1. Minum air putih sebelum makan

Usahakan untuk selalu minum air putih 2-3 gelas sebelum makan. Upaya ini akan membuat Anda merasa kenyang, sehingga porsi makanan yang masuk menjadi lebih sedikit.

2. Pilih makanan yang mengenyangkan

Sumber : KlIkdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar