Waspada! Alumni Perang Suriah Menyebar di Seluruh Indonesia

Waspada! Alumni Perang Suriah Menyebar di Seluruh Indonesia
Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius mengungkapkan, banyak warga negara Indonesia (WNI) yang pernah ikut berperang di Suriah dan kini kembali ke tanah air. Menurutnya, para alumni perang Suriah itu telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Sekian ratusan sudah ada (alumni Suriah, red) sudah tersebar di seluruh Indonesia," ujar Suhardi di kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Senin (3/7).

Karenanya, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri itu mengharapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memerintahkan seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk memantau para WNI yang baru kembali dari Suriah. Sebab, mereka berpotensi melakukan aksi teror radikal.

"Jadi saya minta pemda untuk juga ikut berpartisipasi," kayanya.

Lebih lanjut Suhardi mengatakan, saat ini aparat penegak hukum memang tidak bisa menindak WNI alumni perang Suriah. Pasalnya, belum ada aturan yang mengatur hal itu.

Selain itu, UU Terorisme juga masih dalam proses revisi. "Karena di Revisi UU masih dibahas," pungkasnya.(cr2/JPG)


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius mengungkapkan, banyak warga negara Indonesia (WNI) yang pernah ikut berperang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News