WASPADA, Anda Bisa Terkena HPV tanpa Melakukan Hubungan Seks

WASPADA, Anda Bisa Terkena HPV tanpa Melakukan Hubungan Seks
FOTO IST.

jpnn.com - HUMAN Papilloma Virus (HPV) merupakan virus yang menginfeksi area kulit dan organ kelamin. Kegagalan dalam melakukan praktik seks secara aman juga bisa meningkatkan risiko terkena HPV.

Namun, kini Anda tampaknya harus berhati-hati. Sebab penelitian baru menemukan, bahwa HPV tidak hanya menyerang mereka yang melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Seperti penelitian yang diterbitkan dalam journal Sexual Health, yang menganalisis sebanyak 51 studi dilakukan pada pasien HPV.

Penelitian itu menemukan bahwa 51 persen HPV bisa ditemukan di saluran genital perempuan, yang belum pernah melakukan hubungan seks sama sekali.

Kok bisa? Para ilmuwan menjelaskan, perpindahan bisa terjadi dari tangan ke alat kelamin. Itu bisa terjadi karena melakukan masturbasi, bermain-main dengan pasangan atau bahkan hanya menyentuh area sensitif dengan kondisi tangan banyak kuman.

"Ada lebih dari 100 jenis HPV yang memengaruhi jaringan yang berbeda," kata Ob-gyn di Ohio State University Wexner Medical Center, Dr. Michael Cackovic, seperti dilansir laman Glamour, Minggu (13/3).

Tak bisa dipungkiri bahwa HPV ada di sekitar kita, contohnya ada di virus kutil, sehingga setiap kutil memiliki kemungkinan adanya virus HPV. Namun jenis HPV yang menyebabkan kutil pada kulit Anda, tidak sama dengan HPV yang menyebabkan kutil kelamin atau kanker kulit. Yang perlu diingat adalah HPV menyebar melalui sentuhan. (fny/chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News