Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Ini...

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Ini...
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi. Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang tinggi pada 8-9 Juli 2021.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo menyatakan sejumlah perairan di Indonesia berpeluang mengalami gelombang tinggi hingga empat meter.

Menurutnya, gelombang tinggi kisaran 2,50-4,0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan barat Pulau Enggano, Bengkulu, perairan barat Lampung.

"Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa-Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa-NTT," jelas Eko dalam keterangan resminya, Kamis (8/7).

Eko menjelaskan terdapat pola sirkulasi di Laut Natuna dan perairan utara Halmahera.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

"Kondisi tersebut juga mengakibatkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan," jelasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang tinggi pada 8-9 Juli 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News