Waspada! Debit Air Citarum Naik

Waspada! Debit Air Citarum Naik
Waspada! Debit Air Citarum Naik
MUARAGEMBONG - Sejak sepekan terakhir, tinggi muka air (TMA) Sungai Citarum meningkat tajam. Ketinggian air  mencapai 800 hingga 850 sentimeter. Kendati demikian ketinggian tersebut diakui masih dalam batas aman.

Sekretaris Kecamatan Muara Gembong E Setiawan mengatakan, peningkatan tersebut dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi di daerah setempat. Selain itu, juga dipicu oleh terjadinya peningkatan elevasi air dari sejumlah sungai yang bermuara ke Sungai Citarum.

"Sebelumnya kondisi air tidak seperti ini, bahkan cenderung dapat dikatakan kering karena tinggi airnya yang berada di bawah rata-rata. Tapi, sekitar seminggu terakhir, tinggi air naik dengan cepat karena selain curah hujan yang tinggi juga disebabkan air kiriman dari sejumlah aliran sungai. Sehingga di sini debitnya meningkat dengan cepat," katanya.

Kendati demikian Setiawan mengatakan TMA tersebut masih dalam batas normal dan aman jika merujuk pada banjir yang terjadi menjelang akhir tahun lalu yang ketinggiannya mencapai sekitar 1100 sentimeter.

MUARAGEMBONG - Sejak sepekan terakhir, tinggi muka air (TMA) Sungai Citarum meningkat tajam. Ketinggian air  mencapai 800 hingga 850 sentimeter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News