Waspada E Coli, Indonesia Stop Impor Buah-buahan

Waspada E Coli, Indonesia Stop Impor Buah-buahan
Waspada E Coli, Indonesia Stop Impor Buah-buahan
JAKARTA - Wabah penyakit akibat bakteri E Coli yang saat ini sudah menginfeksi ribuan orang di Eropa, juga menjadi perhatian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia. Terkait hal itu, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih mengungkapkan, untuk sementara Indonesia tidak akan menerima impor sayur-sayuran, termasuk buah-buahan.

"Kita sudah bekerjasama dengan badan karantina, bahwa kita tidak mengimpor sayur-sayuran," kata Endang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/6).

Selain menutup pintu impor, Kemenkes juga disebutkan semakin intensif mensosialisasikan cara hidup sehat. Khususnya dalam hal ini untuk membiasakan membersihkan buah-buahan dan sayur-sayuran sebelum dikonsumsi. "Intinya, kalau kita makan buah, kalau bisa dikupas. Kalau tidak dikupas, ya, dicuci dulu sampai benar-benar bersih, untuk mewaspadai berkembangnya wabah," kata Endang.

Hingga saat ini, kata Endang lagi, masih belum dilaporkan adanya penyebaran wabah akibat bakteri E Coli di Indonesia. Bila cara hidup sehat bisa dijaga teratur dan disiplin, Endang yakin bahwa wabah tersebut tidak akan menyebar di tanah air.

JAKARTA - Wabah penyakit akibat bakteri E Coli yang saat ini sudah menginfeksi ribuan orang di Eropa, juga menjadi perhatian Kementerian Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News