Waspada El Nino, Tim Siaga Bekerja 24 Jam Bantu Warga

Waspada El Nino, Tim Siaga Bekerja 24 Jam Bantu Warga
Petugas BPBD Kota Tangerang memberikan edukasi terkait penanganan pemadaman api. BPBD mengimbau masyarakat mengantisipasi dampak el nino di antaranya kekeringan dan kebakaran. HO/BPBD Kota Tangerang.

jpnn.com - TANGERANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang bergerak cepat mewaspadai bahaya dampak fenomena El Nino.

BPBD bersama sejumlah lembaga kini membentuk tim siaga bencana.

Tim nantinya akan bertugas selama 24 jam untuk membantu masyarakat yang terkena dampak fenomena El Nino.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono mengatakan pembentukan tim siaga ini dibentuk berdasarkan peraturan wali kota (perwal) pada Mei 2023 untuk mengantisipasi kejadian dampak fenomena El Nino.

Ada beberapa dampak yang harus diantisipasi, di antaranya kekeringan, kebakaran dan asap akibat dari pembakaran sampah oleh masyarakat yang menyebabkan polusi.

Selain itu BPBD juga mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pembakaran di lahan kering/kosong serta memeriksa kabel listrik agar mencegah korsleting listrik.

“Saat ini yang harus dikhawatirkan terkait dengan pembakaran di lokasi pembuangan sampah liar."

"Karena kami dari BPBD sudah beberapa kali melakukan pemadaman api di lokasi pembuangan sampah yang terjadi kebakaran," ujar Maryono di Tangerang, Sabtu (19/8).

Pemerintah bergerak cepat mewaspadai fenomena El Nino, Tim Siaga kini telah dibentuk dan akan bekerja 24 jam bantu warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News