Waspada! Hoaks Diprediksi Makin Meningkat Tahun Ini

Waspada! Hoaks Diprediksi Makin Meningkat Tahun Ini
PROI Worldwide menilai hoaks atau berita bohong diprediksi meningkat pada tahun ini, terutama terkait pandemi Covid-19. Ilustrasi Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PROI Worldwide menilai hoaks atau berita bohong diprediksi meningkat pada tahun ini, terutama terkait pandemi Covid-19.

Jaringan agensi humas dan komunikasi terkemuka di dunia itu mengeluarkan peringatan mengenai perkiraan peningkatan hoaks dan disinformasi pada 2022.

"Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari para ahli komunikasi di 50 negara, PROI memperkirakan peningkatan serangan informasi makin banyak dan krisis komunikasi juga meningkat terkait dengan disinformasi," ujar Partner PROI untuk Indonesia Jojo S. Nugroho dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (17/2).

Menurutnya, salah satu pemicu hoaks adalah meningkatnya penggunaan platform media sosial dan aplikasi bertukar pesan.

"Di mana informasi dapat dipublikasikan dalam hitungan detik,"ungkapnya.

Jojo menyebut secara umum, hoaks dan disinformasi akan sangat merusak reputasi organisasi manapun, terutama jika organisasi tersebut menjadi sasaran penyebaran berita palsu.

Pasalnya, hoaks dibuat dengan maksud untuk membentuk sebuah opini yang salah pada publik.

Menurut Jojo, profesi humas menekankan pentingnya memberikan informasi yang benar dan akurat, praktisi PR umumnya dianggap bertanggung jawab untuk memastikan bahwa informasi yang mereka sebarkan adalah benar.

PROI Worldwide menilai hoaks atau berita bohong diprediksi meningkat pada tahun ini, terutama terkait pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News