Waspada! Ini 5 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa Ramadan

Waspada! Ini 5 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa Ramadan
Sakit maag. Ilustrasi Foto: Pixabay

jpnn.com - Pada dasarnya, puasa Ramadan dapat menyehatkan tubuh. Namun, tak dimungkiri masalah kesehatan bisa muncul karena tubuh yang beradaptasi dengan perubahan pola dan waktu makan. Paling tidak ada tiga masalah kesehatan langganan hadir saat Anda berpuasa selama kurang lebih sebulan lamanya.

Berpuasa diketahui dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Menurut berbagai penelitian, dengan melakukan puasa, asupan kalori berkurang sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, puasa juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes agar lebih stabil, menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

Gangguan kesehatan yang sering muncul saat puasa dan solusinya

Di balik manfaatnya, menjalankan ibadah puasa tentulah tak selalu lancar. Terkadang ditemukan berbagai hambatan yang dapat mengganggu kualitas puasa, termasuk munculnya masalah kesehatan yang dapat mengganggu kualitas puasa. Apa saja?

1. Penyakit mag

Sakit mag adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh umat Muslim ketika sedang berpuasa. Peradangan di permukaan dalam lambung ini terjadi karena lambung kosong terlalu lama saat berpuasa, sehingga terjadi peningkatan asam lambung yang dapat mengiritasi mukosa (dinding dalam lambung).

Sakit mag yang dalam bahasa kedokteran disebut gastritis ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya karena terlambat makan, mengonsumsi makanan pedas dan asam, mengonsumsi obat pereda nyeri atau kortikosteroid dalam jangka waktu lama, stres, merokok, dan infeksi bakteri.

Di balik manfaat puasa, menjalankan ibadah puasa tentulah tak selalu lancar. Terkadang ditemukan berbagai hambatan yang dapat mengganggu kualitas puasa,

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News