WASPADA! Penyakit Gusi Bisa Merembet ke Jantung dan..

WASPADA! Penyakit Gusi Bisa Merembet ke Jantung dan..
Ilustrasi

jpnn.com - SEBUAH laporan dari Belanda mengaitkan penyakit gusi kronis dengan jantung dan stroke.

Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 60 ribu pasien gigi, orang-orang dengan penyakit gusi dua kali lebih mungkin memiliki serangan jantung, stroke atau nyeri dada yang parah.

Studi sebelumnya telah menghubungkan periodontitis dan arteri tersumbat.

Di Pusat Akademik Gigi Amsterdam, sekolah dokter gigi terbesar di Belanda, peneliti mengkaji catatan medis dari 60.174 pasien usia 35 tahun dan lebih tua.

Di mana mereka mencari hubungan antara penyakit gusi periodontal dan penyakit kardiovaskular aterosklerotik, seperti angina, serangan jantung dan stroke.

Hasilnya, sekitar 4 persen dari pasien dengan periodontitis memiliki penyakit jantung aterosklerotik dibandingkan dengan 2 persen tanpa periodontitis.

Bahkan setelah melihat faktor risiko lain untuk penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan merokok, orang-orang dengan penyakit periodontal masih 59 persen lebih mungkin untuk memiliki riwayat masalah jantung.

Hal itu menurut sebuah laporan di Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat.

SEBUAH laporan dari Belanda mengaitkan penyakit gusi kronis dengan jantung dan stroke. Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 60 ribu pasien gigi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News