Waspada! Potensi Angin Puting dan Gelombang Tinggi, Ketua BMKG Sampai Khawatir

Waspada! Potensi Angin Puting dan Gelombang Tinggi, Ketua BMKG Sampai Khawatir
Pesisir pantai Balikpapan. Foto: dok balikpapan pos/prokal.co

jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi Kota Balikpapan akan dilanda cuaca buruk, yaitu angin puting beliung, hujan lebat, hingga gelombang tinggi.

Kepala Stasiun BMKG Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti menyampaikan potensi cuaca buruk itu disebabkan siklon tropis di Samudera  Hindia.

Erika melanjutkan posisi tropical cyclone terjadi pergerakan menjauh, tetapi untuk wilayah Balikpapan sendiri siklon itu timbul hingga punah memerlukan waktu.

"Yang kami khawatirkan di sini ialah ekornya. Kalau ia sudah menjauh dampak ekornya larinya ke angin kencang dan hujan lebat. Kenapa di Balikpapan agak panas? Karena uap airnya tertarik ke sana daerah Tropical Cyclone  tersebut," kata Erika.

Dia menambahkan yang perlu diantisipasi untuk wilayah Balikpapan sendiri ialah gelombang tinggi, tetapi saat ini memang masih cenderung aman.

"Untuk angin puting beliung itu karena penguapan yang tinggi perlu diantasipasi juga, termasuk dengan  longsor dan banjir," imbuhnya.

Lebih lanjut Erika meminta masyarakat agar selalu memperbarui informasi BMKG untuk memantau kondisi cuaca terkini.

Dia juga menjelaskan kekhawatiran lain dari BMKG untuk wilayah Balikpapan ialah potensi gempa bumi.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi Kota Balikpapan akan dilanda cuaca buruk, yaitu angin puting beliung, hujan lebat, hingga gelombang tinggi.