JPNN.com

Waspada! Sering Galau Bisa Picu Penyakit Jantung

Jumat, 22 September 2017 – 17:30 WIB Waspada! Sering Galau Bisa Picu Penyakit Jantung - JPNN.com

jpnn.com - Tahukah Anda bahwa sering galau dan sakit hati bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

Menurut dokter dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI), dr. Siska Suridanda Danny, SpJP(K), hal itu memang bisa saja terjadi.

Menurutnya, galau dan sakit hati yang berlebihan bisa memunculkan stres. Hal itulah yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

“Intinya, stres merupakan salah satu pemicu terjadinya metabolisme yang tidak baik di jantung,” kata Siska di kantor Yayasan Jantung Indonesia, Jakarta.

Siska lantas menceritakan bagaimana ‘perjalanan’ galau dan sakit hati sampai akhirnya mengganggu kesehatan tubuh, terutama jantung.

Seseorang yang tengah galau dan patah hati akan hidup dengan penuh perasaan buruk. Hal itu kemudian memicu seseorang untuk melakukan pola hidup tidak sehat, seperti tidak memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

“Jadi paling sering awalnya asam lambung dulu yang meningkat, kemudian menjadi nyeri ulu hati mual. Nah, hal itu akan membuat nggak nafsu makan dan hal lainnya. Saat stres sudah kronik bisa mengakibatkan gangguan yang serius," ujar Siska.

Penyakit jantung seperti ini disebut sebagai penyakit jantung koroner, yakni satu penyakit yang muncul karena gaya hidup, pola makan, dan lingkungan sekitar.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...