Waspada!! Stres Bisa Buat Anda Mati Muda

Waspada!! Stres Bisa Buat Anda Mati Muda
Ilustrasi

jpnn.com - APAKAH saat ini Anda sedang dilanda stres? Atau mungkin merasa sedikit lelah? Jangan panik. Penelitian baru menemukan bahwa cara Anda bereaksi terhadap stres itulah yang lebih penting untuk kesehatan Anda, daripada seberapa sering Anda mengalami stres.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine, para peneliti mewawancarai 909 orang selama delapan hari berturut-turut.

Selama sehari check-in, peserta penelitian diminta untuk berbicara tentang pengalaman stres yang mereka alami hari itu, serta tingkat pengalaman stres dan bagaimana perasaan mereka.

Ada cukup banyak stres terjadi, sekitar 42 persen dan hasilnya mereka memiliki setidaknya satu pengalaman stres pada saat diwawancara.

Para ilmuwan juga memberi peserta elektrokardiogram untuk memantau variabilitas detak jantung mereka, serta ukuran kemampuan jantung untuk mengatur diri sendiri.

Variabilitas detak jantung yang lebih tinggi dianggap baik, karena hal itu menunjukkan bahwa jantung bisa menjawab tantangan. Sementara variabilitas detak jantung yang lebih rendah tidak begitu baik.

Orang-orang yang memikirkan pengalaman sehari-hari seperti deadline pekerjaan, kepaatan lalu lintas dan argumen yang cukup menegangkan, memiliki tingkat variabilitas jantung yang lebih rendah, yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar terkena penyakit jantung.

"Ini benar-benar tentang reaksi Anda terhadap stres," kata penulis utama studi dan psikolog, Dr. Nancy L. Sin, Ph.D., seperti dilansir laman Glamour, Kamis (31/3).

APAKAH saat ini Anda sedang dilanda stres? Atau mungkin merasa sedikit lelah? Jangan panik. Penelitian baru menemukan bahwa cara Anda bereaksi terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News