Waspadai Bencana Gunung Meletus saat Mudik

Waspadai Bencana Gunung Meletus saat Mudik
Warga mengenakan masker saat terjadi hujan abu dampak letusan freatik Gunung Merapi, di kawasan Pakem, Sleman, DIJ, Jumat (11/5). Foto: Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan semua pihak mewaspadai ancaman bencana geologi pada periode mudik nanti. Pasalnya, ada banyak gunung yang aktif erupsi belakangan ini.

Kepala Bidang Mitigasi Pergerakan Tanah PVMBG Badan Geologi Agus Budianto menyatakan, salah satu bencana yang bisa mengganggu kelancaran arus mudik adalah aktivitas gunung berapi.

Tercatat, ada 19 gunung berapi di seluruh Indonesia yang saat ini cukup aktif dan dengan status level II (waspada). Termasuk Gunung Merapi yang baru-baru ini menggeliat.

Selain 19 yang berstatus waspada, ada satu gunung yang berstatus siaga (level III), yaitu Gunung Agung di Bali. Plus satu berstatus awas (level IV), yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Agus mengatakan, kalaupun letusan tidak berdampak langsung pada jalur-jalur mudik, erupsi gunung api akan benar-benar mengganggu arus mudik.

"Jika hujan abu lebat pasti mengganggu. Ketika hujan pun, jalanan jadi licin sesudah hujan abu," kata Agus di Jakarta kemarin (25/5).

Bencana geologi lainnya yang perlu diwaspadai saat mudik adalah tanah longsor.

Ancaman longsor hampir merata di seluruh jalur mudik di Jawa. Utamanya yang melintas di daerah-daerah perbukitan.

Tercatat ada 19 gunung berapi di seluruh Indonesia yang saat ini cukup aktif dan dengan status waspada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News