Waspadai! Ini Gejala Awal Demensia

Waspadai! Ini Gejala Awal Demensia
Demensia. Foto: Avanthealth.com

jpnn.com - PENELITIAN baru menunjukkan tahap awal demensia bisa ditandai dengan perubahan kepribadian dan perilaku.

Tanda-tanda peringatan dini akan terjadinya demensia pada orang dewasa yang lebih tua adalah tiba-tiba merasa sedih, marah, cemas, dan kasar.

Hal itu terjadi setidaknya enam bulan di awal. Kelompok ahli mengusulkan diagnosis baru, disebut Mild Behavioral Impairment (MBI), yang diharapkan bisa membantu dokter mengenali perubahan otak yang menyebabkan kondisi neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer.

Bisa mengidentifikasi perkembangan ini lebih cepat mungkin akan membantu untuk membuka jalan bagi pengobatan sebelumnya dan perawatan yang lebih baik untuk pasien yang berisiko.

Seiring dengan diagnosis baru, tim juga merancang "MBI Checklist" untuk dokter yang melibatkan suasana hati pasien, tingkat motivasi, kontrol impuls, kesesuaian sosial dan pengalaman sensorik.

Checklist mengajukan 34 pertanyaan tentang kualitas yang banyak orang mungkin mengenali dalam hidup mereka.

Beberapa dari pertanyaan-pertanyaan ini meliputi:

• Apakah orang tersebut kurang rasa ingin tahu dalam topik yang biasanya menarik minatnya?

• Apakah orang tersebut menjadi lebih mudah frustrasi atau tidak sabar?

• Apakah orang tersebut mengembangkan kecurigaan tentang niat atau motif orang lain?

Maria C. Carrillo, kepala ilmu, Asosiasi Alzheimer, mengatakan bahwa daftar baru bisa membantu mengubah cara dokter mengevaluasi pasien untuk kemungkinan demensia awal.

" Alzheimer adalah penyakit otak yang mematikan dan sementara kehilangan memori adalah ciri dari penyakit, gejala awal seperti kecemasan, kebingungan dan disorientasi sering terjadi lebih umum dan tentunya meresahkan anggota keluarga," kata Carrillo, seperti dilansir laman Health.

Hal ini penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa tidak setiap orang dewasa yang lebih tua yang menjadi rewel atau kehilangan minat dalam kegiatan tertentu pasti mengidap demensia. (fny/jpnn)

PENELITIAN baru menunjukkan tahap awal demensia bisa ditandai dengan perubahan kepribadian dan perilaku. Tanda-tanda peringatan dini akan terjadinya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News