Teroris Mengalami Perubahan Pola Gerakan

Waspadai Tim Pembunuhan Rahasia

Waspadai Tim Pembunuhan Rahasia
Waspadai Tim Pembunuhan Rahasia
JAKARTA - Pengamat masalah teroris, Sidney Jones mengatakan, saat ini tengah terjadi perubahan pola teroris dari yang semula berbentuk organisasi besar berubah kepada jihad fardhiyah atau sendiri-sendiri. Terjadinya pola perubahan teroris ini, menurut Sidney Jones, antara lain didorong oleh pemahaman baru tentang jihad yang disosialisasikan oleh pihak-pihak radikal dari negara-negara di Timur Tengah.

"Pola terorisme saat ini mengalami perubahan dari yang semula bergerak dengan organisasi besar kepada gerakan yang lebih sederhana berbentuk fardhiyah atau perorangan sebagaimana yang telah terjadi di Mapolres Cirebon, Jumat (15/4) lalu," kata Sidney Jones, dalam acara dialog kenegaraan bertema 'Modus Baru Teror Bom dan Stabilitas Daerah', di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (20/4).

Terjadinya perubahan itu, lanjut dia, antara lain didorong oleh pemikiran baru tentang makna jihad oleh kelompok radikalisme yang saat ini berkembang di sejumlah negara-negara Timur Tengah yang mereka sosialisasikan melalui ratusan buku yang juga beredar secara bebas di seluruh pelosok Indonesia.

"Buku itu masuk secara bebas tanpa ada upaya serius dari pihak berwenang untuk mengimbangi paham-paham baru soal jihad perorangan itu," ujar Direktur International Crisis Group itu.

JAKARTA - Pengamat masalah teroris, Sidney Jones mengatakan, saat ini tengah terjadi perubahan pola teroris dari yang semula berbentuk organisasi…