Webinar MIPI, Prof Sadu Wasistiono: Ilmu Pemerintahan Harus Tetap Eksis

Webinar MIPI, Prof Sadu Wasistiono: Ilmu Pemerintahan Harus Tetap Eksis
Guru Besar IPDN Prof Sadu Wasistiono menyampaikan paparannya pada webinar yang digelar MIPI, bertema “Memahami Ilmu Pemerintahan Sesi III: Konteks Asal-Usul Pemerintahan Klasik Hingga Level Pemerintahan Kelas Dunia (Modern)”, Minggu (29/1). Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) kembali menggelar webinar bertema “Memahami Ilmu Pemerintahan Sesi III: Konteks Asal-Usul Pemerintahan Klasik Hingga Level Pemerintahan Kelas Dunia (Modern)”, Minggu (29/1).

Webinar ini menghadirkan narasumber tunggal, yakni Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sadu Wasistiono.

Ketua Umum (Ketum) MIPI Bahtiar saat membuka webinar mengatakan, tema ini sengaja diangkat karena ketika masyarakat mencari di media, tidak banyak dialog yang mampu memberikan pemahaman secara utuh dan lengkap tentang Ilmu Pemerintahan.

Oleh karena itu, kata Bahtiar, MIPI memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat untuk menjelaskan terkait Ilmu Pemerintahan.

“Kita (MIPI) coba me-list, siapa-siapa para Ilmuwan Pemerintahan yang kira-kira bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat,” kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu.

Setelah didaftar, Bahtiar menyebut ternyata tidak banyak ilmuwan terkait ilmu pemerintahan.

Dalam daftar itu, lebih banyak ditemukan ilmuwan di bidang ilmu politik, ilmu administrasi negara, juga ilmu tata negara.

“Yang kita mau adalah orang yang mampu menjelaskan ilmu pemerintahan itu sendiri. Supaya kita punya pemahaman konseptual, filosofis, mungkin juga kontemporer tentang ilmu pemerintahan,” ujarnya.

Guru Besar IPDN Prof Sadu Wasistiono menjadi narasumber webinar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia atau MIPI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News