Wamenag Beri Pesan Khusus kepada Alumni PKN Tingkat II

Wamenag Beri Pesan Khusus kepada Alumni PKN Tingkat II
Wamenag Saiful Rahmat Dasuki (tengah) saat menghadiri penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI di Jakarta. Foto: Humas Kemenag 

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki meminta seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI bisa membawa kebaikan dan perubahan-perubahan.

Sebab, beragam perubahan yang dilakukan para peserta ini sangat mendukung Kementerian Agama (Kemenag) dalam hal transformasi, penguatan tata kelola, serta penguatan moderasi beragama.

Kehadiran para alumni PKN ini diharapkan bisa menjadi duta-duta atau pengingat di lingkungannya masing-masing tentang bagaimana kehidupan moderasi beragama ini kita rawat. 

"Kementerian Agama harus hadir sebagai payung teduh bagi unsur semua umat beragama,” kata Saiful saat menghadiri penutupan PKN Tingkat II Angkatan XVI di Jakarta, Kamis (26/10).

Menurut dia, terbitnya Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama, menuntut Kemenag menjadi leading sektor melakukan kolaborasi dengan kementerian atau lembaga lainnya dari pusat sampai daerah. 

Dia menambahkan dengan lahirnya perpres tersebut bisa menjadikan program penguatan moderasi beragama ini sebagai gerakan yang menyasar seluruh ASN, dan masyarakat Indonesia, sambungnya 

"Moderasi beragama sudah ada sejak lama. Ini harus terus digalakkan dan gelorakan karena hambatan, tantangan, dan ancaman ke depan terkait dengan moderasi beragama akan menjadi masalah yang riskan jika tidak diantisipasi sejak dini," terangnya.

Menurut dia, para peserta PKN ini, ibarat orang yang terlahir kembali, sebagai pemimpin-pemimpin memiliki tanggung jawab terhadap perubahan, sesuai dengan perencanaan strategis. Hal ini juga perlu dimonitor di masing-masing instansi.

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki memberikan pesan khusus kepada alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News