JPNN.com

WHO: Penularan COVID-19 Masih Tinggi, Saudi Buka Mesjid, Spanyol Berkabung

Rabu, 27 Mei 2020 – 13:37 WIB WHO: Penularan COVID-19 Masih Tinggi, Saudi Buka Mesjid, Spanyol Berkabung - JPNN.com
Saudi mulai mengizinkan lagi mesjid dibuka untuk Jumatan, namun perjalanan haji dan umroh masih dilarang. (AP: Amr Nabil)

Di saat banyak negara mulai melonggarkan aturan terkait COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan gelombang pertama penyebaran virus ini sebenarnya terus meningkat, dengan Brasil saat ini menjadi salah satu yang paling parah.

  • Saudi Arabia membuka lagi mesjid untuk Jumatan
  • Spanyol menyatakana masa berkabung nasional selama 10 hari
  • Presiden Putin mengatakan Rusia sudah melewati masa puncak pandemi

 

"Kita sebenarnya masih dalam taraf dimana penyakit ini terus meningkat penyebarannya," kata Dr Mike Ryan, direktur eksekutif WHO di Jenewa.

"Sekarang ini kita tidak berada di gelombang kedua. Kita tengah berada di tengah gelombang pertama di seluruh dunia."

Dr Ryan secara khusus menyebut negara Brasil, yang meski kasus terus meningkat, Presiden Jair Bolsonaro sudah dengan semangat berbicara mengenai pembukaan kembali negaranya.

Saat ini kasus positif COVID-19 di Brasil mencapai hampir 375 ribu, kedua terbesar setelah Amerika Serikat dengan 1,6 juta kasus dan tingkat kematian sekitar 23 ribu, namun angka kematian sebenarnya di sana lebih tinggi lagi. WHO: Penularan COVID-19 Masih Tinggi, Saudi Buka Mesjid, Spanyol Berkabung Photo: Jumlah kasus positif di Brasil sekarang merupakan kedua yang terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. (AP: Felipe Dana)

 

Dr Ryan memperingatkan pihak berwenang di tiap-tiap negara harus terlebih dahulu memiliki alat tes yang cukup guna mencegah penyebaran virus.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1