WHO Sebut Karantina Wilayah Saja Tak Cukup Tapi....

WHO Sebut Karantina Wilayah Saja Tak Cukup Tapi....
Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto: who.int

jpnn.com, LONDON - Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan mengatakan negara-negara tidak bisa dengan mudah mengunci warganya untuk mengalahkan virus corona. Langkah-langkah kesehatan masyarakat, kata dia, diperlukan guna menghindari kebangkitan virus di kemudian hari.

"Yang benar-benar perlu kita fokuskan adalah menemukan mereka yang sakit, mereka yang terinfeksi virus, dan mengisolasi mereka, menemukan kontak mereka dan mengisolasi mereka," kata Mike Ryan dalam sebuah wawancara program Andrew Marr Show di BBC.

"Bahaya saat ini dengan karantina wilayah ... jika kita tidak menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang kuat sekarang, ketika batasan pergerakan dan karantina itu dicabut, bahayanya penyakit ini akan muncul kembali," kata dia.

Sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat menyusul langkah yang diambil China dan negara-negara Asia lainnya, serta memberlakukan pembatasan drastis untuk memerangi virus corona baru, dengan sebagian besar pekerja diperintahkan bekerja dari rumah dan sekolah, bar, pub, dan restoran ditutup.

Ryan mengatakan, contoh-contoh dari China, Singapura, dan Korea Selatan, yang ditambah pembatasan dengan langkah-langkah keras untuk menguji setiap orang yang mungkin terinfeksi, memberikan model untuk Eropa, yang disebut WHO sebagai pusat pandemi.

"Setelah kita menekan penularan, kita harus mengejar virus. Kita harus berjuang melawan virus," kata Ryan.

Italia sekarang menjadi negara yang paling parah terdampak virus di dunia, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah memperingatkan bahwa sistem kesehatan Inggris bisa kewalahan kecuali orang menghindari interaksi sosial.

Menteri perumahan Inggris Robert Jenrick mengatakan, produksi alat tes akan berlipat ganda minggu depan dan meningkat setelahnya.

Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan menyebut karantina wilayah tak cukup tapi juga harus mengejar yang membawa virus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News