WHO Sebut Risiko Omicron Sangat Tinggi, tetapi Tingkat Keparahannya Belum Diketahui

WHO Sebut Risiko Omicron Sangat Tinggi, tetapi Tingkat Keparahannya Belum Diketahui
Ilustrasi Omicron. (ANTARA/HO-Sutterstock)

jpnn.com, JENEWA - Omicron, varian baru virus corona yang telah ditemukan di lebih dari 60 negara, membawa risiko global "sangat tinggi, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa varian baru itu mengurangi perlindungan vaksin, tetapi data klinis tentang tingkat keparahan yang disebabkannya masih terbatas, kata WHO dalam pengarahan teknis yang dirilis pada Minggu.

Ketidakjelasan informasi yang cukup besar menyelimuti varian itu, yang pertama kali terdeteksi bulan lalu di Afrika Selatan dan Hong Kong, dan mutasinya memicu penularan lebih tinggi dan kasus COVID-19 lebih banyak.

"Risiko keseluruhan terkait varian baru yang diwaspadai, Omicron, tetap sangat tinggi untuk sejumlah alasan," kata WHO, seraya menegaskan lagi penilaian pertama mereka pada 29 November.

"Dan kedua, bukti awal menunjukkan adanya potensi pelepasan imun humoral terhadap infeksi dan tingkat penularan tinggi, yang bisa menyebabkan lonjakan berikutnya dengan konsekuensi yang parah," kata WHO merujuk pada kemampuan virus mengurangi imunitas yang diberikan antibodi.

Badan PBB tersebut mengutip sejumlah bukti awal bahwa jumlah orang yang kembali terinfeksi virus itu telah meningkat di Afsel.

Meski temuan awal dari Afsel menunjukkan bahwa Omicron kemungkinan memiliki tingkat keparahan lebih rendah daripada Delta –varian yang kini dominan di dunia– dan semua kasus yang dilaporkan di kawasan Eropa bergejala ringan atau tanpa gejala, masih belum jelas sejauh mana Omicron "kurang ganas" ketimbang Delta, kata WHO.

"Lebih banyak data diperlukan untuk memahami tingkat keparahannya," lanjut WHO.

WHO sebut varian Omicron yang telah ditemukan di lebih dari 60 negara membawa risiko global sangat tinggi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News