Whulan Peringkat Empat National Costume

Whulan Peringkat Empat National Costume
Whulan Peringkat Empat National Costume

KABAR membanggakan datang dari kontes kecantikan Miss Universe 2013 di Moskow. Putri Indonesia 2013 Whulandary Herman kemarin diumumkan mendapatkan peringkat empat national costume. Adapun final perebutan mahkota yang kini disandang Olivia Culpo itu dilangsungkan dini hari tadi.
--
"National costume Indonesia dapat nomor empat," kata Whulan kemarin sore. Dia mengabarkannya beberapa jam sebelum acara puncak berlangsung.

Kostum nasional Indonesia tahun ini terinspirasi oleh reog ponorogo, kesenian tradisional dari Jawa Timur. Tahun lalu Indonesia mengangkat burung garuda. Kostum yang diperagakan Puteri Indonesia 2011 Maria Selena tersebut berhasil masuk 10 besar. Tahun ini prestasinya meningkat. Masuk 5 besar.

"Whulan terharu ketika Indonesia dikasih tahu dapat peringkat empat. Sebab, perjuangan untuk membawa kostum reog yang beratnya lebih dari 25 kilogram itu nggak mudah," jelasnya.

Di samping itu, proses pembuatan kostum penuh cerita. Dia berharap keberhasilan itu menjadi pertanda baik. "Semoga nama bangsa kita dipanggil ya saat malam final nanti," doanya.

Untuk national costume di Miss Universe, meski temanya menonjolkan budaya negara masing-masing, harus dituangkan dalam bentuk yang megah dan unik. Tak heran kalau kostum yang diperagakan setiap kontestan sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Kostum reog ponorogo yang dikenakan perempuan asal Padang itu beratnya sekitar 25 kilogram. Modelnya seksi dan catchy. Memiliki sayap setinggi 1,5 meter dan ekor sekitar 2 meter. Keduanya dihias pola burung merak dengan teknik airbrush. Bulu burung merak asli digunakan untuk aksen mahkota dan bagian atas ekor.

Pengguna bulu burung merak untuk kostum nasional tahun ini cukup banyak. Selain Indonesia, ada Rumania, Nikaragua, Ekuador, dan Honduras. Yang berhasil menjadi juara adalah Miss Nikaragua Nastassja Bolivar.

"Tadinya nggak menyangka Indonesia bakal dapat peringkat. Melihat kostum teman-teman, ada sedikit waswas juga. Tapi, kembali lagi, apa yang saya kenakan ini tidak kalah daripada yang lain. So, reog ponorogo ini layak berada di posisi top 5," ungkapnya bangga.

KABAR membanggakan datang dari kontes kecantikan Miss Universe 2013 di Moskow. Putri Indonesia 2013 Whulandary Herman kemarin diumumkan mendapatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News